Rabu, 16 September 2009


TEKNOLOGI INFORMASI DAN JARINGAN

www.ikeysukabumi.blogspot.com
ikey.mobilesports@gmail.com

“ INSTALASI LAN “
A. Sistem Bus dalam Lan ( Node )
Dalam sistem bus lan terdapat media dengan menggunakan 10 Base 5 dan 10 base 2
1. 10 Base 5
10 Base 5 menggunakan kabel coaxial dengan diameter 0,5 inchi (10 mm), dengan jenis kabel yang berbentuk Bus sebagai media penghubung yang berwarna kuning dan keujung kabel diberi nama Terminator/Konsentrator dengan Tesistensi 50 Ohm
2. 10 Base 2
System 10 Base 2 menggunakan kabel lebih kecil 5 mm, dengan menggunakan jenis kabel Twisted Pair dan tidak ada Terminator dikedua ujung kabelnya
 Kabel Coaxial, ada 5 warna yaitu :
Biru
Hijau
Putih
Orange
Hijau muda

 Kabel Twisted Pair hanya ada 3 warna :
Putih
Orange
Hijau
Table jenis kabel Coaxial !
Sifat 10 Base 5 10 Base 2
Kecepatan 10 Mbps 10 Mbps
Panjang kabel maximum 500 m 200 m
Simpul persegmen 100 30
Selang antar simpul 2,5 m 0,5 m
Diameter Kabel 0,4 in 0,25 in
Bentang jaringan maximal 2500 m 1000 m

B. Transmisi tanpa kabel Wireless
Ada 3 transmisi umum dalam wireless :
1. Transmisi Micco Wafe, dengan range 2-40 Mhz dan cocok untuk menggunakan kabel satelit, ADSI, Wireless Lan
2. Teristeral Micro Wafe, dengan range 16-30 Mhz cocok untuk digunakan untuk range Rockes Radio
3. Super Micro Wafe, dengan frekuensi rangenya 2000-10.000 Ghz biasa digunakan untuk spectrum Imfla merah dan Extrai ( sinar x )
 Transmisi dan Teristeral Micro wafe
Deskrifsi ; Antena Micro wafe pada dasarnya adalah sebagai Station Relay yaitu station yang menghubungkan 2 atau lebih Ground Basse antara transmiter dengan Resiper
 Amplikasinya :
Pendistribusian siaran Televisi
Transmisi Telepon jarak jauh
Man / Wan
 Karakteristik
Range yang biasa digunakan secara optimum 2 – 40 Mhz dengan frekuensi dibawah 2 Mhz akan mendapatkan gangguan. Sedangkan frekuensi diatas 40 Mhz akan mendapatkan kelancaran
C. Komponen yang diperlukan dalam membangun jaringan
1. Kabel
Kabel terbagi menjadi 3 bagian :
1) Coaxial
2) Twisted Pair
3) Fiber Optic
2. Craptools
3. Kartu Jaringan / Lan Card, seperti Ethernet, Archnet, dan Giga Ethernet
4. Hub / Switch :
• 18 port
• 16 port
• 24 port
• 36 port
5. OS ( Operating System ) yaitu :
Kabel pertama : Putih Orange
Kabel kedua : Orange
Kabel ketiga : Putih Hijau
Kabel keempat : Biru
Kabel kelima : Putih Biru
Kabel keenam : Hijau
Kabel ketujuh : Putih Cokelat
Kabel kedelapan : Cokelat

D. Desain Lan
a. Metode Perencanaan Lan
Desain Lan meliputi perencanaan secara fisik meliputi media yang digunakan bersama Instruktur, yakni pengkabelan sebagai jalur fisik komunikasi setiap devices jaringan. Infrastruktur yang dirancang dengan baik cukup flexible untuk memenuhi kebutuhan sekarang dan masa depan. Metode ini meliputi :
• Seorang administrator network yang bertanggung jawab
• Pengalokasian IP address dengan subnetting
• Pada letak computer dari Land an Topologi yang digunakan
• Persiapan fisik meliputi pengkabelan dan peralatan Lan
 Mengenal IP address
IP address dibagi menjadi 4 class yaitu :
1. Class A : 0 s/d 125
2. Class B : 128 s/d 192
3. Class C : 193 s/d 222
4. Class D : 223 s/d 248
 ID Host
xxx.xxx.xxx : 225.0.0 (1 aktet ada 8 Bit)
Contoh : 225.225.225.225
Aktet : I II III IIII
IP Adress : Internet Protokol Alamat
Bilangan 225 didapat dari bilangan Biner
Contoh menghitung modem yang dial IP mempunyai ons server 222.124.20.220 hitung bilangan binernya ??
Jawab :
222 : 2 = 0
111 : 2 = 1
55 : 2 = 1
27 : 2 = 1
13 : 2 = 1
6 : 2 = 0
3 : 2 = 1
E. Sistem Proteksi Pada Lan
Jaringan kita mengenal ada11 sistem proteksi pada jaringan yaitu :
Aplikasi anti virus
Aplikasi imaging system
Aplikasi file recovery
Aplikasi desktop locker
Aplikasi perawatan system
Aplikasi protefksi folder
Aplikasi Pop Up Blocker
Aplikasi Firewall
Aplikasi pengamana jaringan
Aplikasi zona alarm
Aplikasi look @ Lan
F. HTML
a. Pengenalan Html ( Hyper text mark Languange )
Html merupakan suatu metode untuk mengimplementasikan konsep hyper text
Dalam suatu naskah atau dokumen
Hyper text : yaitu kata atau frase yang menunjukan hubungan suatu dokumen atau naskah dengan naskah-naskah yang lainnya
Mark : pada file Html berisi suatu instruksi yang dapat memberikan suatu format pada dokumen yang akan ditampilkan word wide web ( www )
Language : merupakan kumpulan beberapa instruksi yang dapat digunakan untuk mengubah format suatu naskah atau dokumen

b. Struktur pasar Html :
Html
< html > < / html >
< head > < / head >
< Title > < / TITLE >
< p > < / p >
< Html >
< head > Center
< title >
< / Head >
< / Title >
< P > Isi dari text yang ingin kita ketik, kemudian ada juga :
- < B > < Body > atau sama dengan < P >
- < I >
- < U >
c. Pembuatan symbol
symbol Character Referensi
< >
C
&
Y
C
& Times ; & H 060 ;
& H 062 ;
& H 162 ;
& H 163 :
& H 165 ;
& H 166 ;
& H 215 ;

G. Membuat Link
Untuk membuat suatu Link mulanya kita harus menentukan URL ( Uniform Resource Locater )
165 . 250 . 20 . 4
Net ID ID Host
Client
Tcp / IP
Gateway
DNS
IP Adress
Bagaimana untuk mencari data yang dikirimkan melalui media jaringan seperti ke, http://www.plasa.com/index dan siapa, dari mana alamatnya.
Contoh html :
< html >
< head > Left
< title > < G > selamat
< /B >
< / Head >
< / title >
< P > < I > selamat datang
< / I >
< / P >
H. System penyandian bit data
Penyandian yaitu proses penggambaran dari satu set symbol menjadi symbol yang lain, ada 5 sistem penyandian yaitu :
ASCII
BAUDOT CODE
SANDI 4 / 8
BCD
EBCDIC
a. ASCII ( American Standar Code Information Interchange )
ASCII merupakan sandi 7 bit dengan rumus 2r…=128 simbol berarti 27

“ Tabel ASCII “
000 001 010 011 100 101 110 111
1234 OCTAL 0 1 2 3 4 5 6 7
0000 00 NUT SOH STX ETX EOT ENQ ACK BEL
0001 01 B5 HT LF VT FF CR SO SI
0010 02 DLE DCI DC2 DC3 DC4 NAK SYN ETB
0011 03 CAN EM SUB EST FS 65 RS VS
0100 04 SP ! “ # $ % & ‘
0101 05 ( ) * + , - . /
0110 06 0 1 2 3 4 5 6 7
0111 07 8 9 : ; < = > ?
1000 10 @ A B C D E F 6
1001 11 H I J K L M N O
1010 12 P Q R S T U V W
1011 13 X Y Z [ / ] “ -
1100 14 ‘ a b c d e f g
1101 15 H I J K L M N O
1110 16 p q r s t u v w
1111 17 X y z { I } * DEL

I. Karakter Data
Pada komunikasi data diadakan pertukaran informasi antara si pengirim dan penerima, informasi yang di tukar ada 2 bagian :
 Karakter data
 Karakter kendali
 Karakter data untuk melakukan encoding dari berita yang dikirim, dan karakter kendali digunakan untuk mengendalikan transmisi data, format data dan, hubungan data
 Karakter kendali dibedakan atas :
 Transmition data
 Format efektor
 Defice control
 Information separator
J. Karakter dalam Transmition Control
a. SOH ( Start of Hider )
Yaitu karakter pertama yang menunjukan bahwa karakter berikutnya hidder
b. STX ( Start of Text )
Yaitu mengakhiri hidder dan menunjukan awal dari text
c. ETX ( Endof Text )
d. EOT ( End of Transmation )
Menyatakan bahwa text telah berakhir
e. ENQ ( ENQUERY )
Untuk mengirimkan tanggapan yang berupa identifikasi atau status
f. ACK ( Acknowledge )
Untuk memberi tanggapan ke pengirim dari penerima
g. NAK ( Negatife Acknowledge )
Untuk memberi tanggapan negative ke pengirim dari penerima
h. SYN ( Syndirounouse )
Digunakan untuk transmisi singkron
i. ETB ( End of transmition Block )
Menyatakan akhir dari block data yang di transmisikan
j. DLE ( Dataling Escip )
Untuk mengubah arti karakter berikutnya
K. Information Seperator
a. US ( Unit Seperator )
Untuk memisahkan unit informasi
b. RS ( Reports sepereter )
Memisahkan tiap record menjadi beberapa unit informasi
c. GS ( Group Sepereter )
Untuk memisahkan beberapa record kedalam 1 group
d. FS ( File Seperator )
Untuk memisahkan beberapa group untuk membentuk suatu file

NETWORK OPERATING SYSTEM
Yaitu berjalan di server yang mempunyai fungsi :
Mangatur permintaan ( Request dari client )
Mengatur jaringan
Mengendalikan devices dan layanan
Mengubah file system
Macam-macam dari network operating system ini yaitu :
Peer to peer
Client server
File server
a. Peer to peer
Gambar !
 Peer to peer

Keuntungan peer to peer :
• Mentransfer data dengan cepat karena tidak menggunakan server
• Pengguna kabel maximal 100m dengan kecepatan transfer 10/100 Mbps
• Tidak terjadi coloution
Kerugiannya :
• Bila kabel putus maka seluruh client yang tersambung jaringan akan mati
• Membutuhkan ruang cukup besar




b. Client Server
Gambar !

 Client Server

Keuntungannya :
• Server dapat mensering data ke client dengan maximal
• Tidak terjadi coloution
• Server dan client mempunyai tugas masing-masing yang di batasi hak acsessnya
Kerugiannya :
• Bila server mengalami kerusakan, client-client tidak dapat mentransfer data
• Resourcing data tidak maximal
c. File Server
Gambar !

 File Server



Keuntungan dan kerugiannya sama dengan Client Server
Manfaat network operating system :
 Seluruh program terdistribusi dan diproses dalam memory client
 Network membuat indeks dari directory entry table dalam ram file server
 Network menyimpan file system ( Fat / NTFS ) kedalam Ram file server
 Het pada hardisk berjalan mengacsess file kedalam ram file server

MENGENAL BEBERAPA PROGRAM DALAM NOS
APPLICATION LAYER
Yaitu :
DNS ( Domain Name Service )
EMAIL
WWW
a. DNS
1. Sejarah ditemukannya Dns
Pada tahun 1984, Paul Mokapetris ( seorang programer dari Inggris ) memperkenalkan system data BES yang terdistribusi dengan format IP ( Internet Protokol ) dengan menggunakan bahasa pemograman C++, pearl, dan Php
2. Ruang Nama DNS
a. Domain tingkat atas yang terdiri dari :
Genetic, contohnya :
- Com ( untuk komersial )
- Edu ( untuk pendidikan )
- Gov ( untuk pemerintahan )
- Mil ( untuk militer )
- Org ( untuk organisasi )
- Net ( untuk network atau jaringan )
Nama domain tidak membedakan penulisan huruf besar dan kecil setiap domain dipisahkan menggunakan Dot atau titik ( . )
b. IMAIL ( Electronic Imail )
Pada umumnya system imail mempunyai 5 fungsi dasar :
1) Komposisi, berdasarkan proses pembuatan pesan jawaban
2) Transver, sebagai proses pemindahan pesan dari pengirim kepenerima
3) Pelaporan, bertugas untuk memberi tahukan pengirim tentang pesan yang dikirim
4) Peragaan ( displaying ), diperlukan agar sipenerima pesan dapat membaca imail
5) Disposisi, langkah terakhir berkaitan dengan beberapa kemungkinan seperti :
 Membuangnya sebelum dibaca
 Membuangnya setelah dibaca, dan
 Menyimpan
c. Format Imail
© To, atau ke, memberikan alamat Dns ke penerima utama
© CC ( Carbon Copy ), yaitu alamat Imail penerima
© BCC ( Blain Carbon Copy )
© From ( dari ), orang yang membuat Imail
© Sender, Alamat pengirim
© Recife, baris yang ditambahkan oleh setiap transfer agen
© Return Fath, dapat dipakai untuk mengidentifikasi Imail ke pengirim
© Date, tanggal yang dikirim
© Reflay to, alamat imail yang harus ditunjukan
© In reflay to, yang harus dijawab pesannya
© Referency
JAVA
1. Pengantar Bahasa Java
Java adalah hubungan pemograman berbasis object oriented programic. Yang didesain secara sederhana dan potable. System java memiliki 3 bagian :
 Kompoiler java, ke byte port
 Browser yang mengerti dalam setiap Update ( aplikasi kecil yang berjalan diatas web browser )
 Interpreter byte port
JENIS UKURAN KETERANGAN
Byte 1 byte Integer bertanda antara – 128 dan + 127
Short 2 byte Integer 2 byte bertanda ”
Int 4 byte Integer 4 byte bertanda “
Long 8 byte Integer 8 byte bertanda “
Float 4 byte Bilangan floating point IEEE 4 byte
Double 8 byte Bilangan floating point IEEE 8 byte
Boolean 1 bit Satu-satunya nilai benar dan salah
Char 2 byte Karakter didalam Unicode
Jenis contoh bahasa java :
1. < HTML >
< HEAD >
< TITLE > Latihan
< /TITLE >
< SCRIP Language = “ JAVA SCRIP “ >
TOTAL = 10 ; Sub Total = 5 ;
Dokumen . Write ( “Pariable awal : Total : 10 Sub Total = 5 “ + “ < BR > . )
SUB TOTAL = “+sub total+”
”;
Total = -- Sub total ;
Dokumen . Write ( “ Pariable baru “ Total = “ + Total + “ pariable baru : sub total = “ + sub total + “
“ ) ;


Text
itu artinya sama dengan (=)
 Variable
Java scrip memberikan aturan untuk memberi nama variable :
 Harus diawali dengan karakter (hurup atau garis bawah tidak boleh diawali dengan angka atau symbol
 Tidak boleh menggunakan spasi, untuk memisahkan antara karakter digunakan garis bawah
 Kapitalisasi ( huruf besar atau huruf kecil ) dibedakan pada nama variable
 Tidak boleh menggunakan reserved word, atau nama yang sama dengan perintah yang ada pada java script
 Kostanta / Liveral
Beberapa jenis literal pada java script :
1. Literal Integer
Literal Bilangan
1970 Desimal
702 Octal
A33 ff Heksadesimal

2. Literal Floating Point
Yaitu suatu bilangan pecahan atau berpangkat :
Literal Arti
3.14 3,14
2E3 2x10
-2E3 -2x10
2E-3 2x10

3. Literal String
Yaitu suatu karakter yang berisi huruf, angka atau symbol-simbol lainnya, Literal String harus diawali dan diakhiri dengan tanda kutif ganda (“) atau tunggal (‘)
4. Literal Boolean
Yaitu Literal yang memiliki dua buah nilai yaitu True (benar) dan False (salah)
IP SUPPORT
Yaitu teknikal support yang bertanggung jawab atas terjalannya ESCO atau system operasi dari suatu instansi atau organisasi
Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi IP support :
 Bertanggung jawab penuh terhadap User atau pemakai dan berbagai pengetahuan
 Selalu membuat Backup
 Mempelajari fungsi-fungsi dasar dari system operasi
 Jangan mengenggap remeh keamanan atau sequrity dari suatu jaringan ataupun data
 Mempelajari system pengkabelan dan perangkat jaringan dengan baik
 Selalu memproteksi dengan anti virus terbaru
 Haiki IP support harus dapat mengembangkan suatu jaringan yang sudah ada
 Memperhatikan masa berlaku dari suatu software
Kesalahan – kesalahan yang terjadi pada IP support :
 Tidak mengetahui prioritas yang lebih penting
 Tidak melakukan fungsi perencanaan dan evaluasi
 Tidak memaksimalkan penggunaan sumber daya yang ada
 Tidak membedakan antara lingkungan produksi dan lingkungan pribadi
 Tidak mematuhi Sop Standar Compresation Emprasodur yang dibuat
 Tidak ada standarisasi Hardware, software, dan service disuatu Organisasi
INTERNET WORKING
Yaitu dua atau lebih jaringan yang bergabung dalam suatu aplikasi :
• Piranti yang digunakan untuk menghubungkan antara 2 jaringan yang disebut dengan Intermediate System (IS) atau Internet Working (UNIT)
• Fungsi utama IS adalah melakukan Routing ( kemampuan pencarian jalan )
• Piranti yang digunakan adalah router
• Piranti yang menghubungkan antara 2 tipe jaringan disebut Gateway
Repeater
Fungsi :
 Untuk memperbaiki dan memperkuat sinyal yang lewat
 Memperbesar batasan antara satu segmen, contoh :
System yang menggunakan repeater :
1. Baseband Top.Bus – coaxial dengan 4 buah repeater ( standar IEEE 6230 )
2. Baseband Star, yaitu ;
 Fisik Star – Logika Bus
 Kabel TP + Card Ethernet
 Kabel 10 Base T = TP
 Kecepatan 10 Mbps Max
 Panjang kabel 100 m Max
3. Baseband Ring, yaitu ;
 Repeater 1 / segmen
MACAM – MACAM VIRUS YANG DAPAT MERUSAK JARINGAN NOS
Nama virus :
- Wikipedia - secuser.com
- Security recponce - Estudio sohre
- Threat exploler - CIAC
- Mc Afee - Pages tagged with
- Trend Micro - Mc Afee Threat Center
- Independent malware advice - AVG Free Aduiser
- Informatico - Chruch Of
- Main Page - Clum Ac.Tm
- The Movie - Symantic Corp
- Sophos - Project News
- Hoak buster home page - Avast Cleaner
- Coc west nile virus - Stich ting
- How stuff works - Vingth.com
- Oisiases - the big picture book of viruses
- magazine gothic - Ultra Structrue
- virus list.com
Macam – macam virus yang paling berbahaya :
1. Malicius Program
Yaitu program yang digunakan untuk merusak system, password, mengganggu user dalam suatu kesempatan bila user tersebut sedang online, biasanya digunakan oleh:
a. Hacker : orang yang merusak system / membuat virus
b. Gracker : orang yang merusak suatu password
c. Carder : orang yang suka membobol kartu kredit / ATM
2. Trapdoors
Yaitu accsiss yang masuk secara rahasia kedalam suatu program tanpa melalui prosedur yang seharusnya
3. Logic MBS
Yaitu perintah yang dituliskan dalam suatu program yang akan meledak apabila suatu kondisi terpenuhi
4. Viruses
Yaitu suatu program atau perintah yang diselipkan kedalam suatu program lain dan memperbanyak dirinya sendiri,ada 5 jenis viruses yaitu :
Parasitic virus, yaitu virus yang menetap pada suatu file dan kemudian akan memperbanyak diri apabila file tersebut dibuka
Memory resident, yaitu virus yang menetap pada memory
Boot sector, yaitu virus yang menyebar apabila kita melakukan booting lewat disket atau flasdisk yang seudah ditulari oleh virus
Stealth virus, yaitu virus yan dibuat untuk dapat bersembunyi dari deteksi suatu program anti virus
Poly morphic virus, yaitu virus yang akan mutasi setiap kali menyebar untuk menghindari dari program anti virus
5. Independen
Yaitu jenis virus yang dapat berdiri sendiri untuk dapat menjalankan fungsinya, yang termasuk dalam kelompok ini adalah :
Bacteria, yaitu program yang dibuat untuk memperbanyak dirinya sehingga mengurangi dan dapat merusak bahkan dapat menghabiskan sumber daya sistem
Worm program, yaitu program yang dapat memperbanyak dirinya dan mengirimkan ke computer lain melalui jaringan
6. Virus – virus masa kini yang sering timbul terjadi :
Michaelangello
Brontok :
Brontok 32
Brontok worm
Worm :
Worm 32
Dago
Dian sastro
Trozan horse
Assembly
Syste
TROZAN HORSE ( VIRUS )
Definisi dari trozan horse :
Trozan horse adalah suatu program yang tidak dikenal yang dapat merusak system
Cara kerja dari Trozan horse :
Seorang hacker masuk kedalam suatu visi yang sedang onlie untuk memasukan Trozan Hacker dengan menggunakan aplikasi Client Server
Trozan bisa masuk kedalam suatu system dengan berbagai cara :
 Melalui Imail
 Instalasi software
 Download program
 Disket / flasdisk
 Game
Istilah trozan horse, berasal dari kata yunani yang berarti kuda kayu yang diciptakan oleh Mark Schwamberger pada tahun 2003
Di dalam dunia internet virus trozan merupakan suatu MALWARE yang artinya program dapat hidup sendiri
WORM ( VIRUS )
Definisinya :
Worm adalah sebuah program yang tidak dapat berdiri sendiri melainkan dengan bantuan program yang kita install. Worm ini diciptakan oleh Stevan Bault dari perancis pada tahun 1999
Cara kerjanya :
• Seorang hacker masuk kedalam suatu visi dengan dengan sepengatahuan User , kemudian tanpa kita sadari visi kita terinfeksi, jenis worm ini ada 2 yaitu Worm 32, dan Dago
Melihat beragamnya ancaman yang ada dalam system computer, maka seluruh ruang lingkup dan persyaratan system computer harus direncanakan terlebih dahulu dan diperhitungkan secara terinci pada saat desain berdasarkan kebutuhan yang diinginkan, keamanan system computer yang baik adalah yang dapat mengatasi semua ancaman yang mungkin dihadapi dalam konteks kebutuhan yang diinginkan

Tidak ada komentar: